Pages

5 Jun 2012

Bertanya

Bertanya jadi salah satu kegiatan yang ngga akan ngga kita lakukan setiap harinya. walau sekedar "ha??" atau bertanya-tanya pada diri sendiri. pernah aku diskusi dengan seseorang yang menurutku dia bijaksana. namanya Karl, lengkapnya Karlyanto hehehehe, itu nama bekennya..  heheheh aslinya Karyanto. 

pernah sebuah diskusi kecil terjadi dan akhiri dengan sedikit tawa dan anggukan, hal yang paling aku ingat karl bilang, "semua orang tau setiap resiko dan tantangan pilihannya, tapi ketika merasa -salah atau tidak mampu menghadapi tantangan- akan pilihannya sendiri akan langsung berdoa dan memohon pada Tuhan-nya, bahkan tidak sedikit yang menyalahkan Tuhan-nya". kupikir semua itu benar, aku tau resiko perbuatanku, perbuatanku adalah pilihanku bersikap akan suatu situasu, eh salah, situasi maksudnya. tapi ketika hati merasa "gambus" (galau menembus sukma.red) nah itu yang ngaco pikiran. pertanyaanku : "mau lari kemana?? ke Tuhan, pasti Tuhan nerima aku -katanya pemuka agama, mau ngumpat?? sapa yang mau diumpat ngga jelas". hal itu yang bikin situasi ikutan rusak, akhirnya pikiran dibebani masalah yang "sepertinya ngga ada jalan keluarnya". sebenarnya ada jalan keluarnya, kata hati bilang "itu lho jalan keluarnya" tapi pikiran "hmmmm..... jangan-jangan cuma nambah masalah ni" tapi ngga jarang juga masalah hati ngga bisa diselesaikan oleh pikiran. kalo yang bikin masalah itu hati yang menyelesaikan haruslah hati. kl pikiran ikut campur dalam masalah hati akhirnya masalah makin runyam, tapi kerunyaman itu bikin masalah tenggelam - ngga hilang- setidaknya beban sedikit berkurang karena pikiran ngga lagi terbebani, cuma aja kl teringat hati jadi "ngemo".

tapi kalau masalh hati di selesaikan hati ngga jarang malah jadi "sesat" hehehehe, masalhnya nambah karena ngga bisa sesuai situasi yang ada. akhirnya banyak kesempatan yang terlintas dipikiran jadi terlewat karena pikiran ikutan kefokus dimasalah hati. ini lah kekuatanhati. kalo bikin masalah narik-narik yang lain, dari pikiran, masalah baru, penyakit, permusuhan dan lain sebagainya. 

contohnya masalah hati yang udah umum, sapa tau bisa jadi renungan dan referensi.

pacaran ngga direstui sama ortu karena masalah agama. biasanya orang yang uda terlanjur pacaran itu karena hati kesengsem karena mata melihat do'i. ketika orang tua tau dan tidak mengijinkan. pertanyaan pertama sering muncul waktu curhat "apa sih masalahnya ma agama?? kanapa sih cuma karena agama ngga boleh pacaran" dan muncul pernyataan "aku cinta dia, aku sayang dia, bukan karena agamanya" dan keptusan yang biasa dibuat adalah back street. back street mah masalah mudah, cuma kaya maen kucing-kucingan. tapi pernah tau ngga masalah yang muncul karena back street?? banyak lho... jenuh, masalah kejelasan hubungan mau kemana, mau maen juda bingung (sering malah jadi ribut), masalah curiga karena hub sama-sama ngga diketahui orang lain cadi curigaan karena kemana-mana ngaku jomblo, dan masih banyak lagi.

nah masalah itu muncul karena penyelesaian masalah mengikuti hati dan solusi akan penyelesaian masalah ngikuti pikiran. penyelesaian masalah bersama ortu adalah back street  solusinya adalah sembuny dari ortu dengan berbagai cara (cara ini yang pake pikiran) terbuktikan bawa make hati cuma bikin beban baru, pikiran keseret-seret akhirnya peluang dan berbagai hal jadi korban cuma buat pemenuhan hasrat hati. monggo coba direnungkan.bayangkan kalau sejak awal pakai pikiran misalnya seperti ini :
ortu nolak, ok ya uda maaf sayang kita putus dulu, mau gimanapun aku butuh restu orang tuaku, jaminan hati bakal nangis n ngemo tapi yang namanya ngemo bakal fun, solusinya ngikut pikiran lagi. misalnya jalan-jalan matemen tapi bukan buat curhat tapi buat cari kegiatan, kalo mau cari kegiatan yang bener-bener baru, kan malah dapet pengetahuan dan pengalaman baru.

aku sih orang jarang pake hati, makanya seringkali aku di kenal sebagai orang sadis, jagal, jahat dan lain sebagainya.

terima kasih sudah membaca....