Pages

23 Mar 2011

kesalahan dan introspeksi

oleh Adityas Aw pada 23 Maret 2011 jam 21:42

kesalahan yang berat, keputusan yang salah selalu diawali dari diri sendiri, maka dengan memperbaikinya pun harus dari diri sendiri.

dalam kasusku yang sekarang, aku pernah membuat kesalahan yang fatal sebanyak 2 kali dengan 2 kesalahan yang berbeda dalam masalah yang sama, yang pada akirnya aku harus menerima akibatnya (menhukum diri sendiri) tujuannya agar aku menyadari itu adalah sebuah kesalahan yang tak boleh kuulangi, kapanpun dan pada siapapun.

sebenarnya untuk menjalani hukumanku yang kuciptakan sendiri adalah suatu yang berat, tapi aku pernah ingat suatu cerita dari sebuah agama, dimana seseorang melakukan sebuah kesalahan yang berat, dan dia bertapa selama 7 hari 7 malam tanpa makan dan minum untuk berinstropeksi. tapi dari situ dia tau kesalahan yang di perbuat, sedangkan hari pertama setelah pertapaannya, dia pergi dan mengawali hidupnya.

pegangannya sangat mudah dalam cerita itu, dimana hidup ini sangat singkat jadi gunakanlah hidup ini untuk membahagiakan orang lain dengan cara yang benar untuk tujuan yang baik.

sekarang mungkin aku menjalani hukumanu sendiri selama +- 1 bulan, dimana hukumanq kuputuskan selama minimal 1 th. sekarang sudah mulai berpikir pikiranku ini benar atau salah. tapi aku berharap dari hukumanku ini aku bisa jadi seseorang yang lebih baik.

lewat ini tulisan ini, sebenarnya aku juga ingin meminta maaf bagi setiap orang yang merasa merasa terkena imbas dari hukuman yang kujatuhkan pada diriku sendiri. karena aku juga ga bisa menghindarinya dan apapun yang terjdi sekarang atau apa yang akan terjadi di masa depan merupakan konskuensi dari kesalahan yang kuperbuat dan hukuman tang telah ku timpakan pada diriku sendiri. akan tetapi aku punya harapan yang jauh lebih berarti. yaitu aku bisa berubah jadi lebih baik sehingga aku mampu untuk membahagiakan kalian semua, mengistimewakan kalian sebagai bagian dari hidupku.