Pages

9 Jun 2010

LAGI ??

mengapa semua bisa terulang kembali, itu yang dia pikir dalam benaknya. Doni 21 th yang segera dalam 1 bulan lagi berada di usia ke 22. dia masih kebingungan tentang apa yang namanya cinta?? banyak orang bilang cinta itu penuh pengorbanan, tapi yang dia rasakan cinta itu hampir sering dikorbankan. doni merasa dia memang kurang memberikan semangat bagi kekasihnya naomi yang kini berusia 20 tahun. tapi doni ga pernah membuang naomi dari pikirannya, bahkan naomi selalu menjadi semangat hidupnya. biarpun doni pernah selingkuh, itu pun dia akui, karena sebenarnya doni hanya ingin mencoba suatu hal baru yang belumpernah dilakukannya, dan tak pernah ada rasa selain teman bagi selingkuhannya. tap tak disangka perselingkuhan yang dia akui itu ternyata membuahkan hasil yang begitu dahsyat bagi naomi. kebencian dan dendam sungguh menyelimuti dia. doni ga pernah tau apa yang seharusnya di perbuat, untuk memperbaiki situasi itu, dia hanya bersandar dan berkata pada Tuhan-Nya, "ini memang kesalahanku, dan pantaslah aku menerima hukuman dari-Mu, dan oleh sebab itu terjadilah kepadaku atas segala Perkataan-Mu".

selang beberapa lama doni sebagai mahasiswa, wiraswasta dan pekerja sosial, semakin dihadapkan dengan berjuta tantangan. dimana segala hal tersebut membuatnya kehilangan komunikasi dengan naomi, hingga suatu ketika naomi sakit dan Doni tau akan itu. tapi doni melupakannya karena banyaknya pekerjaan yang harus dia tanggung, banyaknya masalah dan adaptasi diri terhadap berbagai lingkungan baru yang dia hadapi dan satu lagi masalah doni perasaan sombong yang bergelut dalam hatinya membuat ingin berhenti kulian dia hanya ingin bekeja dan menjalin keluarga, dan semua itu di tolak oleh seluruh keluarganya.

hadirlah sesosok pemuda baru yang usianya tidak terpaut jauh dengan doni, dengan kuda putihnya dia membawa obat bagi naomi yang sedang sakit, dan sesaat kemudian dengan kereta kencana berkilaunya dan segenggam mawar dia membawa naomi kerumah sakit. FATAL bagi doni !!! hilanglah sudah cintanya itu diambil oleh sang pangeran. tapi apa dayanya, banyak yang harus dia perjuangkan, bukan hanya naomi dihadapan orang tuanya. berbagai perencaan, dari A hingga D dia persiapkan agar jangan sampai apa yang telah di komitmentkan menjadi gagal. dan ternyata, dia gagal disaat hari yang paling dinanti-nanti.

pertungan yangharusnya dia lakoni tepat 29 hari 5 jam 20 menit kemudian gagal. hancur, seluruh impiannya hancur hidupnya hingga dia merasa semuanya tidak lagi berguna, apa yang diraih, apa yang impikan, apa yang menjadi tujuan, persiapan, dan perencanaan semuanya gagal. apapun dia lakoni guna menghilangkan rasa sakit dalam hatinya itu, apapun itu. dari minuman keras, memukul bata, berteriak di tebing, menangis, narkoba, bahakan masuk kedalam laut dan berharap semuanya berakhir dia lakoni.
tapi itu semua bukan lah menjadi akhir dari kisah doni.

Tuhan-Nya masih memberinya kesempatan untuk memperbaiki segalanya. biarpun doni kehilangan semua pekerjaannya, doni tidak pantang menyerah. doni berjuang dan terus meraih kembali apa yang telah hancur, tertatih, terjatuh kembali, hinaan, makian, semua dia terima sebagai semangat. dan tentunya doni tak lagi menghubungi naomi. kembali doni dalam dunianya sebagai Workaholic. dia kini berjuang kembali untuk dirinya, semagat hidupnya adalah segala hinaan, rasa malu, rasa sedih, rasa takut yang bercapur hingga beberapa tahun kedepan hingga dimana dia mampu mencapai kesuksesannya kembali.

ini bukan kisah sinetron yang berakhir bahagia.

setelah doni mampu berdiri kembali dengan segenap kemampuan dan sisa semangat yang ada didalam dirinya. entah berawal dari mana dan bagaimana naomi kembali menjejaki hidupnya lagi, perjanjianpun akhirnya dibuat. tidak akan lagi naomi berhubungan dengan sang pangeran dan doni tidak berhubungan lagi dengan sang selingkuhan. walau dalam hati doni sebenarnya berkata " memang dah ga pernah ada co0ntact ma dia". perjanjian macam apa ini??

perjalanan doni semakin mulus dengan kehadiran naomi. doni menjalaninya tanpa rasa percaya terhadap naomi, doni masih terbayang dengan masa kelamnya dengan cinta di masa lalunya itu. perlahan doni merasa percaya, sedikit demi sedikit doni memupuknya dan terkumpul cukup banyak biarpun belum utuh, cukup mendekati sisi penuh kepercayaannya. doni merasa memiliki hidup yang sempurna. pekerjaan, tabungan melimpah, cintanya, serta keluarganya yang kini cukup harmonis, walaupun sering terjadi pertengkaran kecil, tapi begitu lah manusia menurut doni.

beberapa hari sebelum sesuatu yang buruk melanda doni mengadakan perjalanan kemalang selain melepaskan penat dengan pekerjaan dan kuliahnya yang menjajaki tahun ke 7 di semester ganjil mendatang. dinasnya ke malang, sebuah kota yang terkenal dengan aremania, dan gadis arema nita yang berjubel sedang merayakan kemenagan arema dalam piala presiden. ditengah perjalanan itu, doni merasakan sesuatu yang buruk akan melanda dirinya. bukan dalam perjalanan itu. tapi doni juga merasakan sesuatu yang buruk terjadi. tapi dia tidak tahu apa itu.

perjalanan itu dia nikmati dengan sedikit rasa takut, bahwa kan ada sesuatu yang akan melanda hidupnya. tak bisa doni menikmati dinas dan liburanya di akhir semester tersebut. selain karena pekerjaannya tapi juga ada sesuatu yang terjadi jauh disana. doni merasa kebingungan tapi doni teringat perkataan seorang guru yang mengajarkanya arti kehidupan, yaitu "selaraslah dengan alam, maka kamu akan menjadi bagian dari alam. Nikmati segala rasa takutmu, nikmati segala rasa sakitmu, nikmati emosimu, dan jangan lah menjadi binatang dengan amarahmu"

kalimat sang guru tersebut yang membuat kemampuan doni semakin terasah. doni memiliki kemampuan yang manusia lain sebut itu kelainan, tapi doni menyimpanya dengan sangat baik bahkan kedua orang tuanyapun tak pernah mengetahui apa yang sebenarnya membuat doni berbeda dengan orang lain.

4 hari perjalanan di malang ternyata tak membuat hati doni terhibur, karena dia sangat merindukan orang yang dicintainya, naomi. gadis yang menjadi bagian dari hidupnya itu. tiba dia di yogyakarta, kota pelajar yang menjadi tempatnya memadu cinta dan pendidikanya. segera dia ingin menemukan cintanya yang sedang bekerja kala itu demi sesuatu yang dia bawa dari malang, berharap hal tersebut mampu memberikan buah tangan sebuah kehangatan. menggantikan perhatian yang tak pernah dia berikan.

saat doni di yogyakarta doni latihan futsal rutin tiap minggu bersama teman-temannya, dan doni hari itu ingin sekali bertemu dengan kekasihnya. doni bukan orang yang mampu strike terhadap naomi, entah mengapa doni selalu luluh pada naomi. padahal sesungguhnya doni adalah orang yang sangat kuat dalam berjuang, tapi hanya naomi yang mampu membuat doni duduk diam terpaku.
bukan kecantikannya, naomi bukan seorang yang cantik, bukan pula kata manisnya.naomi bukan orang yang mampu berkata manis, tapi karena cintanya yang begitu tulus dan dalam pada naomi.

doni beralasan mengajak naomi makan malam, karena doni memang sungguh sangat lapar setelah berlatih futsal. tapi naomi berdalih dia sedang dirumah sinta. entah siapa gadis itu. hingga seorang pria tua berkata padanya :"temui dia dirumahnya" dan beberpa yang lain memanggil doni untuk segera datang kerumah naomi. doni sebenarnya bingung ada apa ini. dan sungguh kedua kalinya doni mengahadapi sang pangeran berkuda putih itu. naomi melanggar perjanjian, doni sebenarnya tidak ingin berbicara apa-apa, doni sebenarnya hanya ingin diam dan pergi. tapi naomi menahannya, dia bilang dia mampu menjelaskan semuanya. doni bukan orang yang selalu memenuhi janjinya diwaktu yang tepat, tapi satu bagi doni yang pasti akan diwujudkan, janji itu adalah nyawa lebih baik jangan pernah mengingkari janji. seketika itu doni mengalami debar jantung yang cukup keras dengan mengahadapi berbagai kebingungan dalam dirinya, doni tak mampu lagi menyelaraskan diri dengan alam. doni tak mampu menjadi manusia. doni merasa benar- benar terpukul, doni menjadi binatang malam itu hanya untuk waktu sesaat. karna gelas wadah cinta dalam hatinya pada naomi yang pernah dijatuhkan belum tersusun lengkap, kini di pecahkan lagi. semakin remuk. dia yang lain dari dalam doni berhasil menguasai doni kembali, mereka tak pernah mengenal dia, doni sendiri tak pernah ingin mengenal dia. hanya sesaat hingga doni mampu mengendalikan dirinya lagi. doni melihat kembali kenyataan yang seharusnya doni ketahui, dan sampai kapanpun doni tidak akan pernah siap menghadapi kenyataan itu. doni kembali tenang, membereskan segala yang telah berantakan dan doni kembali selaras dengan alam. tidak ada lagi amarah sedikitpun.

doni hanya bingung siapa yang memberi kesempatan, siapa yangmemisahkan, dan siapa yang kembali, dan mengapa semuanya menjadi berbalik??

dan ketika naomi berkata "aku ga pengen kamu hancur" doni tertawa terbahak-bahak dalam hati, "naomi-naomi aku sudah pernah hancur lebih parah dari ini, dan hal seperti ini bukan lagi menjadi sebuah masalah bagi ku", karna doni bangkit dengan dirinya sendiri, memulihkan segala sesuatunya sendiri.

doni pergi pulang kepada keluarganya, dan memeluk satu hal yang paling berharga dalam hidupnya dalam tidur. adiknya yang masih sangat kecil.
dialah yang membuat doni kuat dengan kalimat kecil yang dilontarkan ketika doni sedih disaat kehancurannya "mas, jangan sedih, cerita sama adek biar mas seneng lagi, atau mau maen sama adek?"