Pages

5 Nov 2009

lapas dan Rutan

sebuah pengetahuan dan pengalaman baru dengan bekerja.... selama ini pandanganku tentang rutan dan lapas adalah sama. waktu browsing info yang aku dapet tentang lapas, isinya cuma kegiatan tentang penahanan aja. ternyata hari ini, biarpun harusnya jadwal hari ini wisata kerutan dan lapas jadi gagal karena ada pertimbangan dari kantor dan keputusan dari atasan tercinta, ato lebih akrabnya, teman-teman dewasaku.

tapi aku uda sempet wisata ke rutan yogyakarta, tepatnya di belakang lapas wirogunan. mungkin belumbanyak yang tau apa bedanya rutan dan lapas. rutan alias rumah tahanan adalah sebuah tempat perwatan, penahanan, dan tempat dilayaninya terdakwa, selama menunggu proses persidangan. sedangkan Lapas, alias lembaga pemasyrakatan. adalah tempat dimana tersangka menjalani hukuman berdasarkan putusan pengadilan. selain itu di lapas seorang tersangka mendapatkan rehabilitasi atau lebih tepatnya mendapatkan pendampingan agar setelah di bebaskan mereka dapat melakukan sesuatu yang berguna dan tidak mengulang kesalahan mereka. kalo dilapas terdakwa tidak mendapatkan pendampingan, karena masa penahannanya hanya sebentar dan belum tentu orang yang ditahan adalah tersangka alias bersalah.

kalo pada mau liat hasil karya temen-temen dari lapas boleh berkunjung ke "ruang pamer karya anak lapas" tempatnya ada di depan lapas wirogunan yogyakarta. kalo alamat nya ga tau.... lupa aku... hasil karya disana keren-keren ada foto dokumentasi dari lapas di jaman kuno... hmm...serem bok.. LOL. ada tas, bola, kerjinan yang laen. bisa dibeli juga, hasilnya ga kalah bagus ama produk yang ada dipasaran lagian bisa beli buat partai besar, alias cocok buat kulakan. aku aja pengen beli... tapi sesuai dengan prinsip. "URUSAN KERJA BUKAN UNTUK BELANJA". hahahahahahahaha sekian info tentang lapas, kalo pengen tau lebih jauh send coment aja. hahahahahahahahaha..........